·
TIPE ATAU BENTUK
ORGANISASI
A. Bentuk Organisasi Garis
Bentuk ini merupakan nbentuk
organisasi paling tua dan paling sederhana. Bentuk organisasi diciptakan oleh
Henry Fayol. Biasa juga disebut dengan organisasi militer dimana cirinya adalah
struktur organisasi ini relatif kecil, jumlah karyawan yang relatif sedikit,
saling kenal, dan spesialisai kerja yang belum begitu rumit dan tinggi.
B. Bentuk Organisasi Fungsional
Bentuk ini merupakan bentuk dimana
sebagian atau segelintir pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas karena
setiap pimpinan berwenang memberikan komando pada bawahannya. Bentuk ini
dikembangkan oleh FW Taylor.
C. Bentuk
Organisasi Garis dan Staff
Bentuk ini umumnya dianut oleh
organisasi besar, daerah kerja yang luas, mempunyai bidang tugas yang beraneka
dan rumit serta jumlah karyawan yang banyak. Bentuk ini diciptakan oleh
Harrington Emerson.
D. Bentuk Organisasi Fungsional dan
Staff
Bentuk ini merupakan kombinasi dari
bentuk organisasi fungsional dan bentuk organisasi garis dan staff. Adapun
kebaikan dan keburukan dari bentuk organisasi ini adalah juga merupakan
kombinasi dari bentuk diatas.
·
STRUKTUR DAN SKEMA ORGANISASI
Struktur
Organisasi adalah susunan dan hubungan-hubungan antar komponen bagian-bagian
dan posisi-posisi dalam suatu perusahaan ,sedangkan disetiap komponen dari
organisasi tersebut adalah saling tergantung,yang apabila setiap bagian dapat
dikeloladengan baik maka organisasi tersebutpun akan ikut membaik.
Pengorganisasian
(Organizing) adalah proses pengaturan sumber daya organisasi untuk mencapai
tujuan yang diinginkan dengan memperhatikan lingkungan yang ada.hal ini akan
sangat mempengaruhi dalam kelancaran atau kesejahteraan organisasi tersebut,
lingkunan adalah faktor yang sangat mempengaruhi. Tentu dalam tujuan
sebuah organisasi yang baik tidak akan mengorbankan lingkungan sekitar demi
kepentingan organisasinya semata.
Menurut Keith
Davis ada 6 bagan bentuk struktur organisasi yaitu :
· Bentuk Vertical
· Bentuk Horizontal
· Bentuk lingkar/circular
· Bentuk setengah lingkar/semi cilcular
· Bentuk Elliptical
· Bentuk Piramida Terbalik
·
Macam-macam
Skema organisasi
Berdasarkan
Teknik atau Caranya
I.
Skema Organisasi Tegak Lurus dari
Atas ke Bawah
II.
Skema organisasi Mendatar dari kiri
kekanan
III.
Skema organisasi gabungan Tegak
Lurus dan Mendatar
IV.
Skema organisasi Lingkaran
V.
Skema organisasi Gambar
Berdasarkan isi
atau fungsi didalamnya :
- Skema Organisasi Fungsional
Menjelaskan tentang letak dari fungsi-fungsi tugas
dalam hubungannya dengan fungsi-fungsi yang lain dan saling berkaitan antara
satu dengan yang lain.
- Skema Organisasi Jabatan
Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut
sesuai dengan jabatan masing-masing, tetang cara bekerja, apa yang harus ia
lakukan dan pencapaian yang ia dapatkan.
- Skema Organisasi Nama
Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut
sesuai dengan nama-nama para pejabat yang bersangkutan, yang mengejarkan
pekerjaan sesuai dengan bidangnya.
-
Skema Organisasi Nama dan Jabatan
Menggabungkan antara masing-masing jabatan dengan
masing-masing nama para pejabat dalam suatu organisasi.
- Skema Organisasi Struktur
Menjelaskan tingkatan jenjang antara unit-unit dalam
organisasi tersebut, dan juga fungsi-fungsi antara bagian-bagian itu satu sama
lain yang saling berhubungan dan juga saling membantu.
·
PENGERTIAN SPAN OF CONTROL
Rentan manajemen atau
rentan kendala adalah kemampuan manajer untuk melakukan koordinasi secara
efektif yang sebagian besar tergantung jumlah bawahan yang melapor kepadanya.
Prinsip rentan manajemen berkaitan dengan jumlah bawahan yang dapat
dikendalikan secara efektif oleh seorang manajer. Bawahan yang terlalu banyak
kurang baik, demikian pula jumlah bawahan yang terlalu sedikit juga kurang baik.
Istilah lain Rentan
Manajemen :
· Span of control
· Span of authority
· Span of attention
Hubungan Rentan
Manajemen dan Rentan Koordinasi :
”Semakin besar
jumlah rentan, semakin sulit untuk mengoordinasi kegiatan-kegiatan bawahan secara
efektif.”
Prinsip rentan
manajemen berkaitan dengan jumlah bawahan yang dapat dikendalikan secara
efektif oleh seorang manajer. Pengertian rentan manajemen dapat bermacam-macam
ada yang mengatakan span of control, span of authority, span of attention atau
span of supervision, Berapa sebenaranya bawahan seorang manajer agar
manajer dapat melaksanakan tugasnya dengan efektif dan efisien.
Disini belum ada ketentuan yang pasti berapa
seharusnya bawahan yang ada dalam tanggung jawabnya. Bawahan yang terlalu
banyak kurang baik, demikian pula jumlah bawahan yang terlalu sedikit juga
kurang baik. Ada dua las an mengapa penentuan rentan yang baik dan tepat.
Pertama rentan manajemen memperngaruhi penggunaan efisien dari manajer dan
pelaksanaan kerja efektif dari bawahan mereka. Kedua, adanya hubungan antara
rentan manajemen dengan struktur organisasi, dimana semakin sempit rentang
manajemen struktur organisasi akan berbentuk “tall” sedang rentan manajemen
yang melebar akan membentuk struktur organisasi “flat” yang berarti tingkatan
manajemen semakin sedikit.
Untuk memilih suatu rentan manajemen,
manajer harus mempertimbangkan hubungan manajer dengan bawahan dalam dua
kelompok dua atau lebih, juga memeperhatikan hubungan satu dengan satu secara
langsung dengan bawahan. Secara matematik V.A. Graicunas menetapkan rumus
matematikan untuk menghitung jumlah hubungan yang akan dilakukan.
·
KELEBIHAN, KEKURANGAN DAN MACAM-MACAM STRUKTUR
ORGANISASI
a. Struktur
Organisasi Fungsional
Kelebihan :
· Paling sesuai
untuk lingkungan yang stabil
· Dapat mencapai skala ekonomis pada
masing-masing bagian.
· Merangsang
berkembangnya keterampilan yang bersifat fungsional.
· Sesuai untuk
organisasi berukuran kecil sampai sedang.
· Baik bagi
organisasi yang menghasilkan satu atau sejumlah kecil jenis produk.
Kekurangan :
· Pengambilan
keputusan menumpuk pada puncak organisasi.
· Koordinasi
antar bagian / fungsi tidak terlalu baik.
· Inovasi
terbatas
b. Struktur
Organisasi Produk
Kelebihan :
· Paling sesuai
untuk lingkungan yang tidak stabil dengan perubahan cepat.
·
Penanggung jawab produk jelas.
· Koordinasi
antar fungsi baik.
Kekurangan :
· Tidak mampu
mencapai efisiensi ekonomis
· Koordinasi
antar produk sulit
· Keahlian teknis
hilang karena tidak ada spesialisasi fungsional.
· Integrasi
ataupun standardisasi antar produk sulit tercapai.
c. Struktur
Organisasi Matriks
Kelebihan :
· Mampu mencapai
tingkat koordinasi yang diperlukan untuk menjawab tuntutan “ganda” lingkungan.
· Dapat
memanfaatkan karyawan secara fleksibel.
· Sesuai untuk
pengambilan keputusan yang sifatnya rumit serta lingkungan yang tidak stabil.
Kekurangan :
· Hanya bisa
berjalan jika hubungan bersifat kolegial bukan vertikal.
· Menghabiskan
banyak waktu untuk koordinasi.
· Adanya wewenang
ganda menyebabkan munculnya kebingungan.
·
REFERENSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar